PEMBEKALAN PRAKERIN 2018 SMKN 1 TAMBELANGAN

Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 telah mengatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” (Pasal 3 UU RI No 20/ 2003).
Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Pendidikan kejuruan mempunyai arti yang bervariasi namun dapat dilihat suatu benang merahnya. Menurut Evans dalam Djojonegoro (1999) mendefinisikan bahwa pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada suatu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan daripada bidang-bidang pekerjaan lainnya. Dengan pengertian bahwa setiap bidang studi adalah pendidikan kejuruan sepanjang bidang studi tersebut dipelajari lebih mendalam dan kedalaman tersebut dimaksudkan sebagai bekal memasuki dunia kerja.
Sesuai dengan fungsi pendidikan nasional dan tujuan SMK yang lebih spesifik untuk menyiapkan siswa mampu bekerja dalam bidang tertentu salah satu proses yang dilaksanakan adalah dengan sistem pembelajaran di industri atau praktek kerja industri, dengan sistem ini para siswa akan terjun langsung ke dunia industri sesuai dengan kompetensi masing-masing jurusan
Pada tahun 2018 prakerin diikuti seluruh kelas XI dari kompetensi keahlain Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan kelas X Teknik Elektronika Industri.

Pembukaan Prakerin 2018

Untuk mempersiapkan para siswa memasuki praktek kerja industri diadakan pembekalan mengenai informasi dunia usaha dan industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan mengenai pelaksanaaan prakerin tahun 2018. Kegiatan pembekalan ini diikuti seluruh peserta Prakerin dan pembimbing siswa.

Pembimbing Prakerin

Kegiatan ini dibuka Bapak. Moh. Djunaedi, SE selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, dalam penjelasannya beliau menharapkan para siswa harus siap dalam melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena para siswa akan memasuki layaknya dunia kerja yang penuh dengan tekanan dan target industri. Beliau mengharapakan agar para siswa selalu menjaga nama baik baik diri sendiri maupun sekolah. Pembekalan dilanjutkan dengan penjelasan dari beberapa pemateri diantaranya Bpk. Drs. Moh Hasyim, Ibu Dian Novita, S.Pd, dan Ibu Faiq, S.Ag.

Pemateri

Peserta prrakerin akan berangkat pada tanggal 14-15 Mei 2018 ke berbagai perusahaan sesuai dengan kompetensi keahlian masing-masing ke beberapa daerah di Sampang, Surabaya, Klaten dan Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *