“Diklat Peningkatan Kompetensi Las” untuk Guru SMK

Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacherscentered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (studentcentered),dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL

Tuntutan paradigm pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Kegiatan Materi Teori Pengelasan

Guna peningkatan pengetahuan dan kompetensi Guru SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, khususnya dibidang Pengelasan maka perlu adanya program pendidikan dan pelatihan (diklat) agar dapat memenuhi tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2O13 serta era revolusi industry 4.O, untuk itu SMK Negeri 1 Tambelangan bersama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan baik negeri atau swasta telah diundang oleh Kampuh Welding Indonesia yang merupakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta yang berlokasi di Surabaya mengadakan program “Diklat Peningkatan Kompetensi Las” untuk Guru SMK khususnya yang linier dengan pengajaran keahlian/kompetensi pengelasan.

Kegiatan Praktek Pengelasan dan benda hasil kerja

Harapannya melalui program Diklat tersebut mampu memberikan kontribusi yang besar demi terwujudnya keberhasilan pendidikan di sektor industri di Indonesia khususnya dibidang pengelasan.

SMK Negeri 1 Tambelangan telah mengirim salah seorang guru, yang berlatar belakang guru teknik mesin yaitu Bp. Holis Harifi, ST untuk mengikuti kegiatan program Diklat Pengelasan bagi guru SMK di LPK Swasta Kampuh Welding yang beralamat di Jl. Sawo VI No 28 Bringin Sambikerep, Surabaya – 60217 Telp : 031-7430333, Fax: 031-7341620 selama 12 hari sejak tanggal 17 s/d 29 September 2018 ( Angkatan 6 ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *