PEMBEKALAN PRAKERIN 2019

Prakerin adalah suatu kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di lakukan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Prakerin merupakan singkatan dari Praktek Kerja Industri. Dengan adanya prakerin ini diharapkan siswa dapat menambah bekal untuk masa yang akan mendatang dalam memasuki dunia kerja yang semakin banyak persaingan seperti sekarang ini.

Tujuan prakerin atau PKL yang paling utama adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu, tujuan lainnya adalah wadah untuk meningkatkan kualitas siswa SMK menurut jurusan masing-masing. Kegiatan ini ditujukan untuk memantapkan kegiatan di dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Adapun dasar pelaksanaan prakerin SMK diantaranya adalah :

  1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. PP No. 19 Tahun 2005 yang terakhir diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. PP RI No. 17 Tahun 2010 yang telah diubah dengan PP RI No. 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. PP RI No. 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri.
  5. Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  6. Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.
  7. Permen Perindustrian No. 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan
    Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match
    dengan Industri.
  8. Permen Tenaga Kerja No. 36 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemangangan di Dalam Negeri.
  9. Permen Pendidikan dan Kebudayaan No…. tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Menengah Kejuruan.
  10. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
  11. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Sesuai dengan fungsi pendidikan nasional dan tujuan SMK yang lebih spesifik untuk menyiapkan siswa mampu bekerja dalam bidang tertentu salah satu proses yang dilaksanakan adalah dengan sistem pembelajaran di industri atau praktek kerja industri, dengan sistem ini para siswa akan terjun langsung ke dunia industri sesuai dengan kompetensi masing-masing jurusan. Istilah prakerin sekarang lebih dikenal dengan istilah praktik kerja lapangan (PKL).
Pada tahun 2019 prakerin diikuti seluruh kelas XI dari kompetensi keahlain Teknik Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Akuntansi, Administrasi Perkantoran.

Kepala SMKN 1 Tambelangan

Perwakilan Pengurus Komite Sekolah

Untuk mempersiapkan para siswa memasuki praktek kerja industri SMKN 1 Tambelangan mengadakan kegiatan SOSIALISASI & PELEPASAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan mengenai informasi dunia usaha dan industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan mengenai pelaksanaaan prakerin tahun 2019. Kegiatan pembekalan ini diikuti seluruh peserta Prakerin, Orang Tua dan pembimbing siswa.

Orang Tua/Wali, Guru Pembimbing dan Peserta Prakerin

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala SMKN 1 Tambelangan  Bapak. Imam Soetopo, S.Pd., M.M , dalam penjelasannya beliau menharapkan para siswa harus siap dalam melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena para siswa akan memasuki layaknya dunia kerja yang penuh dengan tekanan dan target industri. Beliau mengharapakan agar para siswa selalu menjaga nama baik baik diri sendiri maupun sekolah. Selain itu juga berpesan kepada seluruh orang tua siswa agar selalu koordinasi dengan sekolah mengenai perkembangan anak-anak selama prakerin karena tiap siswa prakerin sudah ada pembimbing baik dari sekolah maupun dari industry. Pembekalan dilanjutkan dengan penjelasan dari beberapa pemateri diantaranya Bpk. Drs. Moh Hasyim, Ibu Dian Novita, S.Pd, dan Ibu Faiq, S.Ag., dan Bpk. Syamsul Arifin, S. Pd.

Pemberian Materi Prakerin 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *