Tingkatkan Jejaring dengan Industri SMKN 1 Tambelangan Jalin Kerjasama dengan Amigroup

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidangnya masing-masing. Pengertian ini mengandung pesan bahwa setiap institusi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan harus berkomitmen menjadikan tamatannya mampu bekerja dalam bidang tertentu (Depdikbud, 1995).

Berdasarkan definisi di atas, maka sekolah menengah kejuruan sebagai subsistem pendidikan nasional seyogyanya mengutamakan mempersiapkan peserta didiknya untuk mampu memilih karir, memasuki lapangan kerja, berkompetisi, dan mengembangkan dirinya dengan sukses di lapangan kerja yang cepat berubah dan berkembang.

Kurikulum pendidikan kejuruan seharusnya seiringan dengan apa yang dibutuhkan dunia kerja bukan sesuai dengan pemerintah. Sehingga pendidikan kejuruan harus menganut pada kebijakan ‘Link and Match’ yang mengimplikasikan sumber daya manusia, wawasan masa depan, wawasan mutu, wawasan keunggulan, wawasan profesionalisme, wawasan nilai tambah, dan wawasan ekonomi dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya pendidikan kejuruan.

Untuk mencapai ‘Link and Match’ antara sekolah dengan industry, SMKN 1 Tambelangan menjalin Kerjasama dengan Amigroup diantaranya sinkronisasi kurikulum, Sehingga Kurikulum sekolah terstandar industri dan diharapkan dapat menghasilkan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu juga dilaksanakan penandatangan MoU Kerjasama lainnya diantaranya Magang siswa dan Guru.

Bapak Imam Soetopo Selaku Kepala SMKN 1 Tambelangan mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pegawai sehingga terlaksananya kegiatan ini dan juga kepada institusi pasangan dalam hal ini Amigroup yang dihadiri langsung Direktur Utamanya Bpk. Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT. Kegiatan ini bisa menjadi inspirasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap siswa. Ini juga salah satu jaminan sekolah bahwa SMKN 1 Tambelangan melaksanakan proses yang terstandar sehingga diharapkan menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki standar terkini sesuai kebutuhan industri.

Bpk. Imam Soetopo bersama Bpk Okky (Dir. Amigroup)

Turut Hadir dalam kegiatan ini Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sampang Bapak. Drs. Subaidi, M.MPd sekaligus membuka acara ini. Dalam sambutannya menjelaskan penguatan K13 supaya lebih ditingkatkan kepada seluruh pendidik yang diantaranya sinkronisasi kurikulum dengan industri, dan meningkatkan jejaring kerjasama dengan industri. Disamping itu diharapkan SMKN 1 Tambelangan bisa mengimbaskan kepada sekolah-sekolah lain diwilayah Kab. Sampang sehingga tujuan akhir meningkatkan kualitas pendidikan bisa terwujud.

Bpk. Subaidi (kiri)

Pemateri Utama dalam kegiatan sinkronisasi kurikulum ini bapak Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT yang merupakan CEO Awak Media Indonesia – Amigroup. Beliau memaparkan Kompetensi terkini sesuai abad millennial, setiap guru harus memiliki kemampuan sesuai industry 4.0 sehingga dapat menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi yang sesuai standar industry.

Kegiatan Sinkronisasi Kurikulum dengan Amigroup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *