Tingkatkan MUTU Guru, SMEKNETA Kirim Guru OJL di PT. Dirgantara Indonesia

Salah satu tantangan terbesar dalam mewujudkan pengembangan SMK dengan pendekatan link and match dengan industri adalah kompetensi tenaga pendidik atau guru produktif yang ada. Saat ini, total 302.000 guru di SMK memiliki komposisi yang tidak berimbang yaitu 22% guru produktif dan 78% guru normatif. Untuk guru di SMK seharusnya minimal memiliki 60% guru produktif. Selanjutnya, masih sangat perlu untuk dilakukan upgradding atau peningkatan kemampuan guru produktif khususnya dalam hal teknologi terbaru dan keilmuan terbaru di dunia industri.

Bpk. Syamsul Jamal (Kiri) dengan Peserta OJL

SMKN 1 Tambelangan selalu meningkatkan mutu dan kualitas baik guru maupun siswanya. Banyak kegiatan yang diikuti sekolah untuk mengexplore kemampuan siswa dan guru baik dengan mengikuti lomba maupun dengan mengirimkan guru dalam kegiatan pelatihan, workshop atau yang lainnya, pada tahun ini diantaranya lomba LKS Wilker I Jatim di Bojonegoro untuk Kompetensi Keahlian TKJ dan TBSM, Loma Robot di UNESA Surabaya dan Lomba Robot di POLTERA Sampang untuk Kompetensi TEI dan juga lomba-lomba lain untuk kompetensi keahlian lainnya.

SMKN 1 Tambelangan sebagai salah satu SMK yang terpilih dalam kegiatan program pendidikan vokasi SMK yang link and match dengan industri di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur Timur, DKI Jakarta dan Banten Kementerian Perindustrian melalui Pusdiklat Industri bekerja sama dengan PT. Dirgantara Indonesia akan menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Guru Produktif untuk kompetensi keahlian di bidang Teknik Elektronika Industri dan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri.

Kepala SMKN 1 Tambelangan menugaskan bapak Syamsul Jamal S.Pd untuk mengikuti kegiatan OJL ini selama 3 minggu dari tanggal 18 November 2019 s.d 06 Desember 2019 di PT. dirgantara Bandung. Beliau berharap dengan dikirimnya guru dalam kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas kompetensi siswa sehingga bisa bersaing dikancah nasional maupun global. Bapak Syamsul Jamal, S.Pd merupakan guru sekaligus Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Tambelangan dan merupakan salah satu guru yang memiliki pengalaman dan prestasi dibidangnya.

Kegiatan OJL PT. Dirgantara Bandung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *