Workshop pengembangan kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran di era COVID-19 melalui schoology

SMKN 1 Tambelangan melaksanakan kegiatan workshop Pengembangan Kurikulum 2013, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan update informasi kepada semua guru dan staff terkait perkembangan kurikulum 2013 SMK. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 06 – 08 Agustus 2020 bertempat di aula SMKN 1 Tambelangan.

Hadir sebagai pemateri utama perkembangan kurikulum SMK Bp. DR. Ahmad Djaelani, M.Pd yang merupakan pengawas binaan SMKN 1 Tambelangan, beliau menjelaskan seputar perkembangan kurikulum SMK berdasarkan peraturan yang terbaru, selain itu beliau menjelaskan mengenai perkembangan kebijakan pembelajaran di era New Normal Covid-19. Beliau berpesan agar para guru harus mengacu kepada edaran dari pemerintah mengenai pelaksanaan proses pembelajaran dan harap selalu mengingatkan kepada teman dan siswa untuk selalu melaksanakan prosedur kesehatan di era new normal supaya bisa terhindar dari virus dan bisa menghambat penyebaran virus di lingkungan sekitar.

Kepala SMKN 1 Tambelangan Bpk. Suherman, S.Pd., M.Pd menjelaskan diharapkan kegiatan ini bisa memperbarui informasi mengenai perkembangan kurikulum SMK sehingga sekolah bisa menyusun kurikulum sesuai dengan peraturan yang berlaku sekarang. Tidak hanya itu beliau berpesan kepada semua  guru agar bisa mengaplikasikan hasil dari workshop mengenai pembelajaran daring ini dengan menggunakan Schoology pada kegiatan pembelajaran sehingga siswa bisa tetap melaksanakan pembelajaran meski tidak bisa datang ke sekolah

Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Kepala cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kerja Kab. Sampang Bpk. H. Assyari, M.Pd. Dalam sambutannya berpesan agar kita semua senantiasa menyusukuri nikmat dari Allah SWT. Beliau menjelaskan dimasa pandemi Covid-19 sekarang berdampak pada kegiatan proses belajar mengajar, meskipun pembelajaran belum bisa normal tetapi proses pendidikan terhadap siswa harus tetap dilaksanakan sehingga menuntut para guru inovasi dan kreativitasnya bisa memindahkan yang semula dikelas bisa kedalam jaringan. Guru harus mempersiapkan administrasinya kedalam jaringan sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaan daring masih banyak problematika yang dihadapi oleh semua pihak baik guru, siswa dan orang tua akan tetapi itu tidak dijadikan hambatan untuk tidak terlaksananya kegiatan pembelajaran. Diharapkan semua pihak bisa saling mendukung sehingga proses pendidikan bisa terlaksana dengan baik.

Untuk materi Schoology di sampaikan oleh Bp. Syamsul Jamal, S.Pd, beliau guru SMKN 1 Tambelangan yang juga kepala Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri. Materi yang disampaikan seputar e-learning Schoology mulai dari pembuatan akun hingga pemberian tugas terhadap siswa. Terlihat para guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena bisa bermanfaat dan membantu guru dalam proses pembelajaran di era pandemi sekarang.

Kegiatan Workshop Kurikulum 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *